Sabtu, 24 Maret 2012

What is The Meaning of Love

Haii semua, kali ini Doni Marquez akan membahas tentang What is The Meaning of Love. Sebagai pendahuluan, coba kalian baca bait di bawah ini dengan seksama

Cinta satu kata penuh makna
Cinta bawa hati bahagia
Dari sekian juta keindahan dunia
Di mata hatiku kaulah keindahan hidupku

Bait diatas ialah penggalan lirik lagu favorite gue yang judulnya Love is You. Dan kalian udah pasti tau lah siapa yang melantunkan lagu itu. Kenapa penggalan lirik itu bisa jadi inspirasi buat postingan baru? jadi gini ceritanya. gue iseng iseng buka website yang berisi lirik lagu. N gak tau kenapa tiba tiba ada aja ada keinginan baca lirik lagu Love is You. dan setelah gue amati lirik lagu itu. lirik lagu itu bener bener jleb, nancep dihati. Karena dari lirik lagu itu, gue bener bener belajar tentang apa itu yang dibilang cinta. Dari semua bait yang ada di lirik lagu itu. bait kedua lah yang gue perdalam maknanya. Sebagai seorang peneliti tentang ilmu galautologi (ilmu pergalauan dan percintaan yang kandas) dan sebagai pencipta lagu. Gue salut sama pencipta lagu itu. Kenapa? karena si pencipta lagu itu bener bener bisa mendefinisi dan menjelaskan makna cinta yang sebenarnya.

Setelah gue pelajari kata per kata, kalimat perkalimat, hingga jadi satu bait yang diatas. inilah yang gue dapatkan.
  • "Cinta satu kata penuh makna" . Gue bener bener tersentuh sama kalimat itu. karena memang iya cinta itu adalah satu kata yang memiliki makna yang banyak. Dan percaya gak percaya, kata cinta itu adalah kata paling indah di berbagai bahasa. Dan percaya gak percaya, penafsiran kata cinta untuk setiap orang gak akan pernah sama. Cuma mungkin akan mendekati sama. 
  • "Cinta bawa hati bahagia". Gue bener bener setuju sama kalimat itu. Karena hal itu adalah kebenaran mutlak. Kenapa gue berani bilang hal itu sebagai kebenaran mutlak? Karena berdasarkan pengalaman yang gue alami saat gue jatuh cinta, pasti saat gue jatuh cinta, gue merasa kayak orang paling bahagia di dunia. Karena setahu gue, gak akan mungkin ada orang yang mengalami cinta, ia sedih. 
  • "Dari sekian juta keindahan dunia, dimata hatiku kaulah keindahan hidupku" woow agak sedikit panjang ya kalimat yang satu ini. Tapi tenang aja, gue udah menemukan makna yang tersirat dari lirik lagu itu. Menurut penafsiran gue, dunia itu banyak memiliki keindahan. Entah yang dimiliki oleh alam, benda, bangunan, harta, manusia, dan sebagainya. Namun semua itu gak ada apa apanya kalau dibandingkan sama orang yang kita cintai.
Setelah membahas tentang lirik lagu Love is You yang liriknya membekas di hati, gue akan membahas lebih mendalam tentang apa itu cinta. Cinta, cinta itu menurut gue kayak pisau bermata dua. disatu sisi ia akan membantu kita untuk menjadi dewasa, dan disatu sisi cinta itu bisa buat kita hancur. Sebenernya apa itu cinta? Kenapa cinta bisa membantu kita? Katanya cinta bisa membantu kita, kok bisa menghancurkan juga ya? Penggolongan cinta itu apa aja? WAAAAAAAAAAAAAAAA terkadang hal itu bisa buat gue galau sendiri. tapi tenang aja, seperti biasanya Doni Marquez akan melawan kegalauannya untuk share ke kalian tentang cinta.

Cinta itu menurut ensiklopedia gratis berbahasa indonesia, "Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi". apa maksudnya? Kurang lebihnya maksudnya gini, cinta itu adalah sebuah ekspresi yang timbul dari adanya perasaan kasih dan sayang yang kuat. jadi kalo perasaan itu kurang kuat, itu gak bisa dibilang cinta. Dan ketertarikan pribadi, maksudnya cinta itu dapat timbul karena adanya ketertarikan sesuatu. Dan sejujurnya cinta itu memiliki banyak sekali pengertian. itu baru dikutip dari salah satu sumber. bagaimana dengan cinta menurut kalian?

Kan cinta itu pisau bermata dua,(menurut gue), jadi gue jelaskan kenapa gue bisa ber opini begitu. Cinta itu bisa membuat orang jadi kuat dan bisa buat orang jadi lemah. Jadi dengan jatuh cinta, orang itu bisa sukses atau dia bisa tegar dalam menghadapi cobaan dalam hidup, tapi sebaliknya, apabila cinta itu dirasakan sama salah orang, itu akan menjadi senjata untuk menghancurkan orang itu. Jadi seperti apa yang gue alami, tapi dalam kondisi itu gue berperan sbagai korban yang gak mungkin balas dendam. Tapi karena ceritanya panjang banget, kalian bisa baca di buku ADGR yang akan gue rilis akhir tahun ini (semoga gak kiamat).

Secara garis besar, cinta itu dibagi menjadi dua, yaitu cinta personal dan cinta universal. Cinta personal itu adalah cinta yang egois. Kenapa gue bilang itu adalah cinta egois, karena cinta personal hanya bisa dirasakan oleh dua insan saja. yang pada umumnya adalah sepasang kekasih. Kalau cinta personal itu ada tiga pemicunya, karena kasih sayang, karena nafsu, dan karena sesuatu.

Cinta personal yang dipicu oleh kasih sayang ialah salah satu cinta yang tulus, iklas, pengertian, penyayang, gak memandang harta dan tahta, pokoknya cinta ini bisa mengarahkan kita ke arah yang positif deh. tapi cinta ini punya satu kelemahan yang paling utama, yaitu cinta jenis ini hanya bisa dirasakan oleh dua insan saja. Apalagi yang pacaran, cinta jenis ini tak jarang membuat dua sejoli yang sedang jatuh cinta berani mengumbar kemesraan dimuka umum. ihh, enggak banget deh sama yang tipe begitu. Emang iya si rasa sayang itu harus diutarakan, tapi jangan dimuka umum juga kali. ya itulah yang dinamakan cinta yang dipicu karena kasih sayang, baik untuk berdua, memicu rasa jengkel bagi orang yang disekitarnya

Cinta yang dipicu sama nafsu biasanya hanya memandang fisik, body, ganteng/cantik. ini adalah salah satu jenis cinta yang gue anggap sebagai yang paling MURAH, kenapa gue bisa bilang gitu? karena menurut gue, Cinta itu gak bisa dilihat dari fisik, cinta itu bisa dilihat dari hati. Ingat lho, nafsu itu bisa memicu dosa. jadi sebisa mungkin kalo kalian jatuh cinta, sebisa mungkin jangan karena nafsu ya.

Cinta personal yang dipicu karena sesuatu itu mungkin gak bisa dibilang itu bagian dari cinta. Karena dalam hal itu, cinta hanya dipakai untuk mendapatkan sesuatu atau memanfaatkan seseorang. cuma orang munafik yang pake prinsip cinta jenis ini CATAT, CUMA ORANG MUNAFIK DAN GAK PUNYA HATI YANG MEMANFAATKAN CINTA HANYA UNTUK KEPENTINGAN INDIVIDU!!! sorry banget ya, kebawa emosi.

Ini adalah salah satu cinta yang menurut gue adalah cinta paling perfect di dunia. Cinta itu  ialah cinta universal. Gue berani bilang cinta universal adalah cinta yang perfect karena cinta ini bisa ditujukan buat siapa saja, gak mengenal usia, gak egois, gak buat menangis, gak pake nafsu, gak pake karena sesuatu, bersifat tulus, iklas, dan penuh kasih sayang. Cinta universal bisa di tujukan buat lebih dari satu orang lho. Dan gak harus buat pacar. selain itu cinta universal diakui sama dunia. Cinta universal itu juga bisa memperbaiki perasaan dan hubungan lho. jadi menurut gue cinta universal itu adalah cinta terbaik sepanjang masa

Sekian postingan saya, dan mohon maaf apabila terlalu panjang dan juga ada kesalahan kata kata. karena sempurna hanya milik Tuhan Y.M.E dan Andra and The Backbone sama Gita Gutawa. Terimakasih karena sudah membaca postingan kali ini. dan jangan lupa tinggalkan komentar sebagai masukan yang berarti.
Thanks and G.B.U

Tidak ada komentar:

Posting Komentar