Jumat, 09 Maret 2012

I'm Doni Marquez



            Hai nama gue Doni Marquez Adriano. Lo semua bisa panggil gue Doni. Mendengar nama gue, mungkin lo semua akan kira gue itu seorang kartel narkoba meksiko, mafia italia ataupun orang spanyol. Weitz, tapi pemikiran lo itu salah semua coy. Gue bukan kartel narkoba, bukan mafia, dan gue juga bukan orang spanyol. Punya darah spanyol pun enggak. Tapi kenapa nama gue kayak orang eropa sono? Dan konotasinya nama gue kayak nama orang orang jahat gitu ya??
            Jadi gini ceritanya, sebetulnya nama gue bukan Doni Marquez Adriano. Gue gak bisa ngasih tau nama asli gue siapa, gw tinggal dimana, mak gw siapa, cewek gw siapa, pokoknya gue gak bisa ngasih tau latar belakang gue. Sebab ini semua rahasia coy. Kalo misalnya jati diri gue kebongkar? Bisa bisa nasib gue di ranah tanah air gimana? Coba kalian bayangkan? Bisakah kalian membayangkan? Tentu enggak bisa kan? Yaialah kan ada 2 faktor yang buat lo gakbisa bayangin. Yang pertama, lo itu bukan gue. Yang kedua, lo gak ngerti smua permasalahan gue dan orang orang di sekitar gue. Dan ada bonus, yang ketiga, lo gak pernah ngalami semua hal hal yang udah pernah gue cobain.
            Jadi gimana? Lo masih berusaha buat coba cari jati diri gue? Hmmmm, sepertinya kalian Cuma hanya bisa *menyimak. Yeah, udah cukup galau galauannya. Sekarang gue masih sekolah. Lebih tepatnya gue TK di TK terbaik sepanjang masa*seenggaknya itu menurut gue. Gue SD di sekolah yang di pinggir kota. Atapnya bocor, kepseknya jelek, perpustakaan gak ada buku, UKS gak ada obat obatan. Lupakan, kalo misalnya gue ceritain kebobrokan SD gue, mungkin bisa bikin satu buku lagi tentang sekolah gue. Dan lo semua tau  apa yang terjadi saat gue lulus SD? Anjrit, SD gw yang gak ada harganya itu langsung di rombak abis abisan. Kantin udah gokil, wc udah bersih, perpusnya coy? Udah ada wifi nya n bukunya komplit banget. Uksnya? Jangan ditanya, sekarang udah ada dokter khusus yang setiap hari senen dan jumat datang. Oh betapa kurang ajarnya kepala sekolahku. Bagaimana tidak? Gue ikut ujian sekolah *ujian SD. Ampe buka baju sangking panasnya tuh ruangan. Kipas angin gak ada. AC apalagi. Sementara angkatan dibawah gue, tiap kelas ada 2 AC. Ok sekarang beralih ke SMP gue.
Gue SMP di sekolah M.U . Dan lo gak boleh tau kepanjangan MU itu apa. Itu SMP juga itunganya sekolah gokil coy. Lo tau knapa? Di SMP gue, guru gurunya gokil sangat. Bahkan buat angkatan gue SMP itu bukan Sekolah Menengah Pertama, tapi Sekolah Mencari Pacar. Hal ini dibuktikan dengan selama SMP disana, alumninya minimal pacaran 3 kali waktu SMP. Apalagi valentinenya, widih, rame bet dah.segalanya mengenai pacaran dan sekutunya, Cuma SMP gue yang pro.yang lain Cuma lewat doank. Ada yang mau SMP disana? Tapi inget. Kalo lo masuk disana, minimal nilai muka lo itu pas KKM deh, atau paling enggak uang jajan lo minimal 20 ribu per hari. Kalo misalnya lo gak punya 2 syarat itu, ya palingan lo bernasib sama kayak gue. Cuma pacaran 2 kali ditolak sama cewek ampe 20 kali. (kesian banget si lo Don).
Lulus SMP, gue masuk di SMA. Gue saat memilih SMA, gue mendapat tujuan sesaat. Yaitu kalo gue SMA, gue harus dapet kelas IPA. Dan ternyata gue diterima di salah satu SMA yang bagus. Gue diterima di SMA XXI. Mungkin mirip sama bioskop, tapi itulah SMA XXI. Saat guru gak ada, banyak murid yang punya inisiatif nobar alias nonton bareng. SMA XXI mempunyai LCD Proyektor yang jernih gambarnya. Dan gak ketinggalan ada salah satu ruangan yang mungkin bisa dibilang mini bioskop. Why? Karena dalam ruangan itu, ada LCD proyektor terbaik di SMA XXI. Dan ada 4 speaker ukuran sedang yang dipasang di sudut ruangan. Gak Cuma itu, dinding ruangan dilapisi lapisan kedap suara. Jadi suara gak bisa nembus keluar. Ini kok jadi kayak promosi sekolah ya??? Sebenernya buku ini tentang apa sih? Yaudah deh mending balik lagi aja ke tujuan sesaat gue. Jadi gue buat perjanjian sama ortu gue, kalo gue dapet IPA, gue boleh lanjut SMA.tapi kalogue ternyata gak dapet kelas IPA, gue harus melupakan SMA dan harus masuk SMK. Gue kira saat gue masuk SMA, SMA itu masa masa terindah dalam hidup. Tapi ternyata eh ternyata, itu merupakan masa tergalau dalam hidup. Gue inget banget saat gue kelas 10, tiada hari tanpa di ceng ceng in.  Hal ini sering buat gue galau coy.
Di tengah kegalauan gue, gue punya 5 temen yang selalu suport gue. Gue gak mau ngasih tau siapa aja mereka. Yang penting mereka selalu support gue dan bisa terima gue apa adanya. Mereka bisa terima gue yang galauers, gokil, n alim. Mereka bisa terima gue. Mereka gak pernah nyoba buat ngubah pribadi gue dengan apa yang mereka mau. Itu yang gue suka dari mereka. Apalagi salah satu diantara mereka (katanya) adalah anak yang tergokil diantara kita semua. Hmm mungkin lo semua penasaran sama apa yang gue katakan sebelumnya.
N syukurnya gue bisa dapet IPA di SMA XXI. Jadi gue msih bisa sekolah dan masih bisa mencapai cita cita buat jadi seorang dokter. Tapi masalah gue gak sampe disitu coy. Gue terlibat banyak sekali masalah kerumitan dalam hidup ini. Terkadang gue juga bingung, apa ini jalan takdir gue? Urusan pelajaran gak Cuma menjadi masalah di kehidupan gue. Kehidupan pribadi pun bisa jadi masalah dalam hidup ini.
Ada satu hal yang kalian harus tau. Yang pasti gak mungkin gue akan membahas semua masalah pribadi gue. Yeah gue memang bukan tipe orang yang bisa membuka aib dan membuka rahasia gue sendiri di hadapan banyak orang. Mungkin masalah masalah yang akan kalian temukan dalam hidup gue ialah masalah C.I.N.T.A. yeah itu salah satu masalah yang terumit dalam hidup gue. Gue mungkin dilahirkan untuk menjadi galau. Tapi itu dia nilai tambah gue. Saat gue galau, gue merasa hidup ini penuh warna dan semakin indah. Meskipun ada temen gue yang merasa galau itu tidak seru, tidak gokil, tidak baik, tipe pecundang, dan sebagainya. Tapi saat begini lah gue bisa move on.
Setiap orang dilahirkan berbeda. Mulai dari yang kaya sampai yang kurang. Dari yang cerdas sampai yang bego. Dari yang dari yang dan sebagainya. Sebenarnya setiap manusia diciptakan sama. Tapi kenapa masih ada aja yang mengganjal di pikiran manusia. Seperti pengalaman yang gue punya. Gue punya satu temen yang selalu ngatur gue. Gue juga bingung, dia itu apa ? (bukan siapa lho). Soalnya entah dia sadari atau enggak, dia perlakuin gue seolah olah gue itu boneka yang bisa dimainin sesuka hati sama dia. Dan ironisnya gue juga pernah suka sama dia (dia itu cewek lho, ye kali gue Maho).  Saat dia ngatur hidup gue dan dia maksa gue buat jadi pribadi yang sesuai sama idealisme dia, gue berfikir dan berdoa “Tuhan, apa ini yang dinamakan hidup. Waktu anak Mu suka sama dia, kesambet jin apakah anak Mu ini ya Tuhan.”. mungkin terdengar terlalu lebay. Tapi kata kata itulah yang sering gue renungi dalam kesendirian gue. Dan terkadang apabila dia terlalu mengatur hidup gue, gue Cuma bisa ngomong (*menyimak). Yeah hanya itulah yang bisa gue ucapkan saat gue bener bener kesel sama dia. Dan ajaibnya saat gue ngomong begitu. Dia langsung berhenti mengekang gue dan kehidupan gue serta dia pergi sejenak dari hidup gue.

Mau tau siapakah dia dan apa aja masalah pribadi gue? Tunggu beberapa minggu lagi ya.

1 komentar: